Wednesday, September 19, 2012

interaksi sosial

Interaksi sosial sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari karena kita adalah makhluk sosial yang berarti kita tidak dapat hidup sendiri dan memerlukan bantuan orang lain. Sebelum mengetahui apa saja contoh – contoh interaksi sosial kita akan membahas terlebih dahulu definisi interaksi sosial. Interaksi sosial adalah hubungan timbal balik antara satu manusia dengan manusia lainnya. Jenis interkasi sosial dibagi menjadi 3 yaitu : interaksi sosial antara suatu individu dengan individu lainnya, yang kedua interaksi sosial antara suatu individu dengan kelompok dan yang terakhir interaksi sosial antara kelompok dengan kelompok. Dari jenis – jenis yang di atas kita dapat menguraikan nya menjadi contoh – contoh interaksi sosial .
1.       Interkasi sosial antara individu dengan individu
Contoh : jika kita kesulitan dalam mengerjakan soal kita dapat bertanya   kepada guru kita
                Bila kita tidak masuk sekolah kita dapat menanyakan pelajaran kepada teman
                Sekelas kita.
2.       Interaksi sosial antara individu dengan kelompok
Interkasi sosial dengan kelompok bukan berarti hanya sebatas kelompok saja tetapi bisa kepada keluarga kita juga.
Contoh : kita membutuhkan dana untuk bersekolah
                  Jika kita kesulitan dengan pelajaran tertentu kita dapat bergabung / menanyakan            pelajaran tersebut kepada kelompok/club pelajaran tersebut.
3.       Interaksi sosial antara kelompok dengan kelompok
Contoh : ketika suatu kelompok ingin berdemonstrasi mereka tentunya memerlukan polisi untuk menjamin keamanan . itu berarti mereka telah melakukan interaksi kelompok dengan kelompok (polisi).


            





Komentar saya terhadap bacaan diatas ini adalah interaksi sosial memang sangat penting sekali dalam kehidupan sehari – hari. Jika kita tidak berinteraksi dengan orang lain sama saja hal nya kita tidak membutuhkan bantuan orang lain - kz

No comments:

Post a Comment